Tuesday, January 18, 2011
Mode Jilbab
"Aku lebih suka lihat orang yang pake jilbab besar dan pakai rok, dari pada yang pake legging ketat," kata pelayan di sebuah toko di BlokM.

Aku tersenyum mendengar komentarnya. Aku juga lebih nyaman kalau pakai rok, jilbab menutupi dada dana tidak transparan. Kalau punya kerudung transparan, aku pakai dalaman.

Sekarang ini banyak dijual kerudung tipis, gamis transparan. Wuah harus hati-hati belanja nih. Apapun mode jilbab yang mau kita pakai jangan sampai mengurangi fungsinya yakni menutup aurat (kemaluan). Sudah tahu kan perintah Alloh tentang menutup aurat?

Yuk buka Al Qur'an surat Al Ahzab ayat 59 dan An Nur 31

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُل لِّأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِن جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَ‌ٰلِكَ أَدْنَىٰ أَن يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَّحِيمًا ﴿٥٩﴾

Artinya :
Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu'min: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha penyayang. (al Ahzab 59)

وَقُل لِّلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا ۖ
ۖ وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَىٰ جُيُوبِهِنَّ ۖ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُنَّ أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُولِي الْإِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِ الَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَىٰ عَوْرَاتِ النِّسَاءِ ۖ وَلَا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِن زِينَتِهِنَّ ۚ وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ ﴿٣١﴾

Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung. (an Nuur 24:31)

Kadangkala kita sudah tahu kedua ayat itu, tapi masih sibuk mengumpulkan alasan : Gerahlah, ribetlah, mau menjilbabi hati dululah. Hei...galz, emang kalian gak mau jadi orang yang beruntung itu yang mencium bau surga dari kejauhan. Seiring memakai jilbab, hati kita pela-pelan terjilbabi.

Jadi kalau mau milih mode jilbab. Pastikan mode itu tetap syar'i. Dan masih sesuai dengan Al Qur'an (minimal menutupi dada, bila sanggup sampai seluruh tubuh malah lebih baik).

Tidak membentuk lekuk rambut ataupun lekuk leher (misal kerudung dililitkan ke leher).


Tidak pakai baju dan celana ketat yang memperlihatkan lekuk tubuh.

Jadi jangan pakai dalaman kerudung yang bersanggul. Aku beli sampai detik ini belum dipakai :D.

Labels:

posted by Unknown @ 12:09 AM  
1 Comments:
  • At January 18, 2011 at 11:35 PM, Anonymous phitrie said…

    i like this note...sekarang banyak wanita yang superwomen alias pake dalaman diluar...alasan modelah ga mo dibilang ndesolah ketinggalan jaman dan banyak alasan laen yang melatarbelakanginya...sebenarnya tampil cantik tu boleh dan mungkin fitrah setiap wanita klo ingin tampil cantik...asal tidak berlebihan dan sesuai dengan syar'i...wanita itu aurat...dan setan ada di setiap bagian tubuh wanita mereka melakukan untuk menyesatkan kaum adam...tanpa sadar setan telah menggunakan umpan wanita untuk menyesatkan umat...makanya kita diharuskan untuk menutup aurat semuanya dilakukan demi kita...karena ALLOH sangat sayang pada wanita...semoga ALLOH selalu menjaga kita dari godaan setan yang terkutuk...amin...

     

Post a Comment

<< Home
 
About Me


Name: Unknown
Home:
About Me:
See my complete profile

Previous Post
Archives
Let's Chat With Me
Mimin Wahyuni
ShoutMix chat widget
Links
Template by
Blogger Templates